Rabu, 30 Oktober 2013

umpan pancing khusus ikan mas

Memancing ikan termasuk kesenangan atau hobies yang banyak digemari oleh kawula muda maupun kawula tua... :) Hal ini terbukti bahwa banyak kolam pemancingan yang berkembang pesat di berbagai daerah. 

Pemancingan ikan banyak ragam dan aturan - aturan yang diterapkan. Ada yang disebut : Galatama, yaitu cara memancing ikan untuk mendapatkan induk terbesar serta penjumlahan total terbesar dari perolehan ikan yang terpancing. Ada juga yang dinamakan "Kilo gerbus" istilah ini terkenal di wilayah jawa barat, maksudnya, memasukkan ikan ke kolam dengan jumlah kilo yang ditentukan per peserta. jadi jika peserta sebanyak 10 orang dengan ketentuan per orang adalah 3 kg maka ikan yang dimasukkan ke kolam sebanyak 30 kg. haha.... lumayan banyak :D

Galatama dan Kilo Gebrus, sering dilakukan menggunakan ikan mas dan ikan lele. Peserta bersaing dengan cara "pahade-hade eupan" (sunda). dengan demikian, umpan yang terbaik yang bisa memikat sang ikan, akan menjadi pemenangnya. Untuk itu, disini saya mencoba untuk berbagi resep umpan kepada para hobies mancing Galatama dan Kilo gebrus khusus ikan mas.

langkah-langkahnya :

1. Umpan yang tersedia di toko pancing. boleh menggunakan merk apa saja;
2. satu butir telor asin; ambil bagian merahnya saja;
3. dua sendok makan susu full cream (merk bebas);
4. tiga sendok makan deho kaleng;
5. satu bungkus perangsang ketajaman wangi merk dafina
6. kroto secukupnya.

Pengolahan bahan :
1. poin 2 s.d. 4 di campur, diaduk sampai merata;
2. masukkan poin 1 dan diaduk lagi;
3. campurkan poin 5.
4. masukkan kroto yang sudah direndam air panas.

catatan : untuk kelembekan umpan, tambahkan air secukupnya.

yang perlu diperhatikan adalah langkah - langkah pengolahan bahan, karena sangat berpengaruh pada ketajaman wangi yang dibuat khusus untuk umpan ikan mas. 

selamat mencoba!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ngiring nyobian resep ti akang... hatur nuhun. :)

Unknown mengatakan...

Abdi bade nyobiab